Rabu, 09 November 2011

Individu, keluarga, dan Masyarakat

Individu yaitu diri kita sendiri, pribadi kita, kita sebagai manusia. Manusia sebagai makhluk sosial dimana ia membutuhkan orang lain untuk salling berinteraksi satu sama lain , ada juga manusia sebagai makhluk individu dimana manusia itu mempunyai hak atas diri nya sendiri dan membutuhkan waktu untuk dirinya sendiri. Setiap individu akan mengalami suatu peruahan atau pembentukan pribadi mereka ,yang mempengaruhi pembentukan pribadi salah satu nya adalah lingkungan .Di lingkungan tempat kita tinggal, ada pengaruh buruk yang akan membuat pribadi atau diri kita ikut menjadi buruk dan ada pengaruh baik yang akan membuat diri kita menjadi baik pula. Dua pengaruh itu akan kita temui di lingkungan tempat kita tinggal, sekarang tergantung diri kita sendiri mau mengikuti pengaruh yang baik atau pengaruh yang buruk.

Keluarga yaitu kumpulan individu yang terikat dalam status perkawinan. Di keluarga biasanya terdiri dari ayah, ibu, serta anak-anak mereka. Peran keluarga adalah peran yang utama dalam pembentukan pribadi suatuindividu, karena keluargalah yang pertama kali kita kenal dan dari keluarga kita belajar bersosialisasi untuk pertama kali sebelum kita bersosialisasi dengan masyarakat.

Masyarakat yaitu kumpulan dari individu atau kumpulan dari keluarga yang tinggal pada suatu daerah tertentu yang saling berinteraksi satu sama lainnya dan menaati semua aturan, adat istiadat yang mereka buat dan dengan aturan yang telah dibuat mereka akan menjadi masyarakat yang mempunyai ciri tersendiri.  Di dalam masyarakat inilah fungsi dari manusia sebagai makhluk sosial akan berjalan, karena dalam kehidupan bermasyarakat kita akan saling membutuhkan  .

0 komentar:

Posting Komentar