Senin, 14 November 2011

Masyarakat Perkotaan dan Masyarakat Pedesaan

Masyarakat kota dan masyarakat desa adalah dua tipe masyarakat yang bereda dari gaya hidup, cara berfikir, cara bersosialisai dan cara mereka menyelesaikan masalah. Perbedaan itu terjadi karena status sosial antara si kota dan si desa. Masyarakat kota kadang menganggap masyarakat desa itu kampungan atau "ndeso" , hahaha menurut saya ini sesuatu yang aneh kenapa di sebut sepeti itu padahal kita tau mereka kan tinggal di desa :p

Masyarakat kota, yaitu mereka yang tinggal di perkotaan seperti Jakarta. Masyarakat kota umumnya mereka yang biasa hidup mewah, konsumtif, sombong karena mereka merasa hebat dan merasa benar, terbiasa dengan gaya hidup "bebas", individualis karena jarang bersosialisasi dengan tetangga . Jangankan tetangga satu rumah aja belom tentu ketemu atau bertegur sapa karena kesibukan masing- masing.
 Masyarakat kota juga terbiasa dengan penggunaan internet juga handphone. Siapa sih di Jakarta yang engga punya handphone? Anak SD pun sekarang sudah banyak yang memakai handphone , padahal sebenarnya itu membahayakan diri si anak itu juga kalau nanti dijalan dirampok atau dijambret orang. Internet, siapa sih yang ga bisa pakai internet di Jakarta? hampir semua orang bisa menggunakannya, yaaah walaupun cuma buat facebook atau twitter, yang pentingkan bisa pake internet hahahahaha :D .Bahkan, sekarang di sekolah-sekolah juga sudah memanfaatkan internet sebagai bahan ajar atau cara pembelajaran bagi siswa-siswa mereka. Mengenai gaya hidup konsumtif, masyaarakat kota biasa membelanjakan uang mereka dengan sesuatu yan seenarnya belom terlalu mereka butuhkan hanya sekedar karena "lapar mata" dan kemudahan mereka mengeluarkan uang dengan adanya kartu kredit.


Masyarakat desa yaitu mereka yang tinggal di pedesaan. Masyarakat desa umumnya mereka yang masih menjunjung nilai sosial, dan masih memegang erat nilai agama. Masyarakat kota biasa bergotong royong, salling tolong menolong dan menganggap tetangga mereka sudah seperti saudara mereka. Walupun mereka hidup sederhana tetapi mereka bahagia karena hubungan sosial mereka terjaga. Orang desa biasanya mereka punya kemauan untuk belajar dan bekerja yang tinggi karena mereka tidak terbiasa hidup "manja". Hidup di desa dengan segala kekurangan dan keterbatasan informasi mereka berjuang untuk hidup. Didesa untuk sekolah saja harus melewati jalan yang  jauh dan keterbatasan kendaraan umum, mereka tetap semangat untuk sekolah. 

0 komentar:

Posting Komentar